Perbedaan TOEFL dan IELTS Sebelum Menentukan Pilihan


Perbedaan TOEFL dan IELTS – TOEFL dan IELTS merupakan sistem pengujian kemampuan bahasa Inggris paling populer yang digunakan sebagai syarat melanjutkan studi di luar negeri. Hasil skor kedua tes tersebut diakui berbagai institusi pendidikan di seluruh dunia.

Rekomendasi tempat kursus persiapan TOEFL dan IELTS di Jakarta yang terbaik oleh norwest.co.id

Writing

Sesi reading pada IELTS dan TOEFL sama-sama terdiri dari 2 tugas, tapi isi soalnya berbeda. Tugas pertama pada tes TOEFL adalah membuat essay bebas sebanyak 300-350 kata dalam waktu 30 menit mengenai sebuah topik yang telah ditentukan.

Sementara pada tugas kedua peserta akan mendengar pembicaraan mengenai suatu topik, kemudian diharuskan membuat rangkuman sebanyak 150-225 kata dalam waktu 20 menit.

Sesi writing pada IELTS juga terdiri dari 2 tugas. Yang pertama peserta akan diberikan informasi berupa grafik atau table, kemudian merangkum dan menjelaskan dalam bentuk essay. Lalu pada tugas kedua peserta diminta untuk mengutarakan pendapat dalam bentuk essay sebanyak 200-250 kata sebagai respon terhadap suatu masalah yang telah ditentukan.

Speaking

Sesi ini bisa jadi menjadi perbedaan TOEFL dan IELTS yang paling mencolok. Pada tes TOEFL, jawaban disampaikan melalui headphone lalu direkam di komputer dan dikirim ke 6 orang penguji. Sesi speaking ini berlangsung pada hari yang sama dengan tiga sesi lainnya.

Sedangkan pada IELTS, peserta akan bertemu empat mata dengan seorang penguji selama 12-14 menit. Peserta akan diinta berbicara langsung mengenai pertanyaan yang disampaikan penguji. Sesi speaking pada IELTS ini biasanya dilaksanakan pada hari yang berbeda.

Sistem penilaian (scoring)

Total skor tes TOEFL IBT berkisar antara 0-120, dimana tiap sesi memberikan skor maksimal 30. Sedangkan skor IELTS diberikan antara 0-9. Agar memperoleh nilai baik (good user), peserta harus memperoleh skor minimal 7.

Nah, demikian tadi sekilas mengenai perbedaan TOEFL dan IELTS. Intinya kalau kamu tipe orang yang senang membaca teks akademik, suka pertanyaan pilihan ganda, lebih suka tes dengan komputer, dan lebih nyaman dengan aksen Amerika, maka kalmu lebih cocok dengan TOEFL.

Tapi perbedaan toefl dan ielts kalau kamu suka membaca teks umum dan tipe pertanyaan yang beragam, lebih suka bicara dengan bertemu langsung, dan nyaman dengan bahasa Inggris aksen British, maka tes IELTS bisa kamu prioritaskan.

Untuk sukses uji kemampuan bahasa Inggris, baik TOEFL maupun IELTS, dibutuhkan persiapan yang memadai. Dengan persiapan yang baik, kamu akan mengetahui seperti apa tes yang akan dihadapi.

Salah satu lembaga persiapan TOEFL dan IELTS di Jakarta yang telah berpengalaman melatih calon mahasiswa yang akan studi ke luar negeri ada di Westwoodprep karena di sini, siswa akan dibimbing oleh native teacher yang sangat berpengalaman. Hal ini akan membuat siswa merasa terbiasa dengan situasi komunikasi yang sebenarnya.

Pada kelas persiapan ini, siswa akan dilatih tips-tips menaikkan skor TOEFL maupun IELTS. Misalnya saja format penulisan paragraf atau kosakata seperti apa yang bisa menaikkan skor Writing. Persiapan TOEFL atau IELTS sangat berbeda dengan les bahasa Inggris biasa, sehingga dibutuhkan persiapan khusus untuk menghadapinya. Bahkan bagi orang yang sudah dianggap jago bahasa Inggris sekalipun, mereka bisa saja gagal tanpa adanya persiapan yang baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published.