8 Fakta Mengenai Ibukota Jerman Yang Kamu Harus Tahu

8 Fakta Mengenai Ibukota Jerman Yang Kamu Harus Tahu

Pada tahun 1999, ibukota Jerman pindah dari Bonn ke Berlin. Berlin saat ini dikenal sebagai salah satu kota terbesar yang kaya akan sejarah, museum, seni jalanan, serta keragaman warganya. Keragaman yang ada di Berlin ini bisa menjadi gambaran profil negara Jerman secara keseluruhan. 

Kota berlin sempat rusak akibat perang dunia II serta perang dingin, tetapi setelah runtuhnya tembok Berlin pada tahun 1989, Berlin dibangun lagi dengan sangat cepat.

Di ibukota Jerman yang luar biasa ini, kita bisa menemukan banyak hal dari peninggalan sejarah masa lalu. Berikut ini 8 fakta tentang kota metropolitan yang selalu sibuk ini, seperti yang dikutip dari website English Bridge.

 

  1. Penyebutan kota ini pertama kali yang tercatat dalam sejarah adalah pada tahun 1237

Meskipun masih disebut dengan nama lama dari Berlin, yaitu Cölln. Lalu nama Berlin sendiri disebut pertama kali pada tahun 1244 dan Cölln bergabung menjadi bagian dari Berlin.

Tapi pada tahun 2008, para arkeolog menemukan bukti sejarah yang diperkirakan berasal dari tahun 1183. Bukti searah ini menunjukkan kota ini mungkin lebih tua dari perkiraan semula.

2.Berlin merupakan kota terbesar di Jerman yang terdiri dari 12 distrik

Ibu kota Jerman ini memiliki luas sembilan kali Paris. Buat kamu yang pernah jalan-jalan ke Bangkok, luas Berlin kira-kira hampir sama dengan Bangkok Thailand. 

  1. Berlin memiliki lebih dari 180 km saluran air yang terhubung dengan 1700 jembatan

Kalau kamu membayangkan kota-kota di Eropa yang dipenuhi kanal atau terusan air di tengah kota, pasti yang terpikirkan adalah Amsterdam atau Venezia.

Namun Berlin memiliki lebih dari 180 km saluran air yang terhubung dengan 1700 jembatan. dengan saluran air sepanjang itu, bisa dipastikan Berlin punya jumlah kanal lebih banyak dibanding dua kota yang terkenal dengan jaringan kanalnya itu.

  1. Tembok Berlin

Tembok Berlin yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur dari 13 Agustus 1961 hingga 9 November 1989 memiliki panjang 96 mil (154,5 km) dengan 302 menara pengintai. Potongan terakhir dari tembok tersebut dapat dilihat di Berlin Wall Memorial di Bernauer Strasse.

  1. Pemandangan paling spektakuler di Berlin

Salah satu pemandangan paling spektakuler di Berlin adalah kubah dan atap gedung legislatif Reichstag. Tiket masuk gratis, tapi kamu harus booking terlebih dulu.

Gedung ini dirancang oleh Paul Wallot dan selesai pada 1894, tapi kebakaran yang terjadi pada 27 Februari 1933 memicu serangkaian peristiwa yang memungkinkan Adolf Hitler merebut kekuasaan.

Kerusakan tambahan akibat pemboman Sekutu pada Perang Dunia II semakin membuatnya berantakan. Perbaikan sederhana dilakukan pada awal tahun 1970-an, tapi perbaikan besar-besaran dilakukan lagi setelah Jerman Bersatu. Pada tahun 1999, kubah dibangun ulang dan dibuka untuk umum.

Mengunjungi gedung ini memungkinkan pengunjung mengakses tempat pengamatan yang terbuat dari kaca 32.292 meter persegi dan 800 ton baja.

  1. Jalanan paling populer di Berlin

Makanan jalanan paling populer di Berlin adalah currywurst atau sosis kari. Makanan ini disebut juga sebagai “lambang kuliner kota”.

Sekitar 70 juta porsi dikonsumsi setiap tahun di Berlin. Bahkan di Berlin terdapat Museum Deutsches Currywurst seluas 1100 meter persegi yang didedikasikan untuk makanan ringan ini.

  1. Ikon Kota Berlin

Salah satu ikon kota Berlin adalah jembatan tingkat Oberbaum Bridge yang menghubungkan distrik Kreuzberg dan Friedrichshain. Bagian bawah dipakai untuk pelajan kaki, sementara kereta U-Bahn melaju di bagian atas jembatan ini.

  1. Transportasi di Berlin

Transportasi umum di Berlin melakukan total perjalanan sejauh 8,7 kali mengelilingi bumi setiap harinya. Dan hampir separuh dari jaringan kereta api Berlin berada di bawah tanah.

Dengan adanya jalur kereta api bawah tanah, bunker sisa-sisa Perang Dunia II, terowongan bawah tanah, selokan serta gudang pembuatan bir, diperkirakan 40% dari struktur kota ada di bawah tanah.

Banyak bunker bawah tanah yang sekarang terbuka untuk wisata. Jadi kalau kamu berkunjung ke Berlin, pastikan menjelajahi terowongan rahasia ini dan dapatkan pengalaman tak terlupakan.

Masih banyak fakta-fakta lainnya mengenai ibukota Jerman ini. Berlin memang salah satu kota bersejarah dan kota wisata paling penting di Eropa dan dunia.

Begitu banyak situs sejarah dan arkeologi yang layak dikunjungi. Kalau kamu punya fakta-fakta lainnya tentang Berlin, jangan sungkan-sungkan untuk menambahkan di kolom komentar.


Leave a Reply

Your email address will not be published.